Kades Rano Sangia Bangun Desa Dengan Pemberdayaan Masyarakat

Daerah, Ragam1215 Dilihat
0 0
Read Time:2 Minute, 7 Second

Foto : Kades Rano Sangia, Ardin.(Doc.Asdar BK)

Kolaka,Sultra-www.sulawesiekspress.com

Pembangunan suatu desa tentunya tak lepas dari peran serta seorang kepala desa yang bisa menjadi panutan dan contoh teladan warga desa itu sendiri.Di kecamatan Toari kabupaten Kolaka provinsi Sulawesi Tenggara, tepatnya di desa Rano Sangia, Ardin sang kepala desa patut di berikan apresiasi dengan segala daya upaya yang ia torehkan selama ia memimpin desa itu.

Saat di kunjungi awak media www.sulawesiekspress.com Senin (4/11/17) kepala desa Rano Sangia, Ardin mengungkapkan bahwa, upaya yang ia lakukan bersama warga desanya sejak ia memimpin desa ini adalah memfungsikan semua perangkat desa seperti LPM, BPD, LPM, TPK untuk mengelola sumber daya desa dan dana yang masuk seperti dana BUMdes dan DD dari APBN.

“Sejak saya pimpin desa ini, saya bersama aparat dan perangkat desa senantiasa bekerjasama untuk melakukan peningkatan dan pemberdayaan masyarakat desa terutama dalam hal pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) karena itu adalah program dari pemerintah pusat dalam hal peningkatan sumber daya masyarakat dan desa maka dibentuklah BUMdes ini,”kata Ardin.

Menurutnya, selain BUMdes, kami juga meningkatkan sejumlah sarana dan prasarana desa untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat serta melancarkan ekonomi kerakyatan, jelasnya.

“Untuk dana BUMdes kami telah berdayakan masyarakat dengan pengadaan alat musik elektone dan penyedia air bersih berupa pembangunan depo air bersih sehingga warga tak lagi kesulitan air bersih dan untuk elektone warga juga ketika ada acara atau kegiatan keluarga sudah bisa menggunakan elektone ini,ungkapnya.

Untuk pengelolaannyapun Ardin telah menentukan bahwa semua di kelola oleh BUMdes sehingga hasil dari BUMdes itu bisa menambah peningkatan ekonomi masyarakat desa itu, karena tentunya semua ini adalah harapan dan keinginan kita bersama,terangnya.

Salah satu warga yang kami temui, Supomo kepada awak media ini mengungkapkan bahwa, apa yang dilakukan oleh Ardin sudah layak di berikan apresiasi dimana selama ia pimpin desa ini, dirinya telah banyak memberikan kemajuan dan perubahan di desa termasuk pemenuhan kebutuhan masyarakat desa dalam hal pengadaan sarana air bersih dan alat musik elektone yang di kelola melalui BUMdes.

“Kami berterima kasih atas apa yang telah dilakukan oleh kepala desa Rano Sangia, Ardin, dimana selama ia pimpin desa ini, telah banyak membawa perubahan di desa, kami selama ini kesulitan air bersih dan sarana hiburan alat musik ketika ada pesta, dan setelah ia pimpin desa ini, kedua kebutuhan warga tersebut kini terpenuhi dengan melibatkan pemberdayaan masyarakat melalui BUMdes,ungkapnya.Lanjut dia, kami berharap agar kedepan, desa ini tetap bersatu padu mendukung program pemerintah daerah dan desa, semua ini adalah untuk kepentingan dan kemajuan desa ini,harapnya.

Laporan : Asdar.BK

Editor : Andi Jumawi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %