Dipanggil Disnaker Kabupaten Bone, Pihak Distributor Aice Bilang Begini

0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

Bone (Sulsel) – Sulawesi Ekspress, Usai diadukan ke Disnaker, Distributor Aice es krim dibawah naungan PT Janus Global Trade berjanji akan segera merubah sistem kerja sesuai diatur dalam Undang-Undang ketenagakerjaan.

FOTO : Sulaiman,Ketua LSM AMAT, Pelapor terkait Izin.(Doc.Red*/Ismail)

Hal tersebut diungkapkan Manajer Distributor Aice, Wiliam K saat dikonfirmasi di kantornya, Jl Wiyata Mandala,Kabupaten Bone,Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

”Kami dipanggil kemarin, saat ini kita sedang berusaha merubah sistem kerja sesuai aturan, termasuk soal kontrak dan jam kerja yang dipersoalkan. Makanya karyawan yang diistirahatkan disuruh menunggu sampai hari Jumat, bukan diberhentikan, karena ini sedang kita urus, ” Ujar Wiliam, Selasa 6 Agustus 2019.

Ditanya soal denda yang dikenakan saat karyawan tak capai target, Wiliam berdalih aturan itu hanya diberlakukan sementara pada bulan Juli lalu.

” Itu untuk memberi motivasi kerja ke karyawan agar lebih giat, ” Katanya.

Senada, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), H Alimuddin Massapa membenarkan telah memanggil pihak Distributor Aice.

” Sudah kita panggil beberapa kali ndi (Adik-Red), dan kami sudah menyampaikan apa yang menjadi keluhan karyawan, ” Ujar Kadis Naker Bone.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Bone, Iptu Moh Fahrun saat dikonfirmasi via telepon, tak menampik soal adanya laporan LSM Amak, terkait dugaan pelanggaran izin perusahaan tersebut.

” Iya, memang ada, tapi waktu kita panggil pelapor untuk dimintai keterangan, dia tak datang-datang lagi sampai sekarang, ” Ujar Fahrun.

” Namun demikian, nanti saya minta anggota untuk cek kembali, ” Imbuhnya.

Sebelumnya, puluhan karyawan mengadukan Distributor Aice ke Disnaker, terkait sistem kerja dan dugaan tindakan semena-mena, pada Juli 2019 lalu.

Para karyawan mengaku, selain dipekerjakan melebihi jam kerja tanpa gaji lembur, hak mereka pun tak dipenuhi, diantaranya BPJS kesehatan.

Laporan : Ismail

Publizher/Redaksi : Andi Jumawi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %