Festival Gapura Cinta Negeri Tahun 2019, Gapura Garuda Raksasa Desa Sidomulyo Malang Raih 10 Besar

0 0
Read Time:2 Minute, 13 Second

Batu,Malang (Jatim) – Sulawesi Ekspress, Sidomulyo adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Desa ini terletak sekitar 8 Km dari pusat Kota Batu. Desa ini terkenal dengan agrowisata bunga atau lebih populer lagi dengan sebutan desa bunga.

Lebih dari seribu jenis bunga dibudidayakan di desa yang mempunyai tiga dusun yakni Tinjumoyo, Tonggolari dan Sukorembug. Sekitar 50 persen dari bunga budidayanya adalah bunga mawar, sehingga menempatkan desa ini sebagai sentra bunga mawar yang cukup penting di Indonesia.

Dibalik kekayaan alam tersebut,Pemerintah dan warga desa ini selalu berinovasi dan sangat kreatif, terbukti dengan keikutsertaannya dalam Festival Gapura Cinta Negeri Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), Kementerian Sekretariat Negara Badan Ekonomi Kreatif, sempat menduduki peringkat sepuluh besar dari 1793 Desa yang mengikuti Festival ini dari tanggal 15 Juli sampai 17 Agustus 2019.

Foto : Gapura Desa Sidomulyo,Batu Malang.(Doc.Red**/Supriyanto)..

Tak menjadi beban buat pemerintah dan masyarakat untuk meraih peringkat ini, karena selalu di barengi dengan semangat kegotong royongan dan sosial kemasyarakatan yang sangat tinggi telah terjaga di desa Sidomulyo dari jaman dulu hingga hari ini, hal ini dikatakan oleh Suharto, Kepala Desa Sidomulyo, Senin (26/8/19).

“Keikutsertaan desa kami dalam Festival Gapura Cinta Negeri Tahun 2019 ini adalah suatu momentum untuk menujukkan jati diri kami pemerintah dan masyarakat Desa Sidomulyo, dengan membuat Gapura Garuda Raksasa Empat Dimensi yang dipasang di sisi atas Gapura Desa Sidomulyo,”kata Suharto.

Menurutnya, antusias dari warga desa begitu tinggi untuk meraih gelar juara, sehingga kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan warga bersama aparat desa kami, sehingga kerja keras mereka kini telah dibuktikan di Negeri ini, bahwa desa Sidomulyo bisa muncul ke permukaan dengan raihan prestasi gemilang dalam festival ini,jelas Suharto.

Dikatakannya bahwa dengan diraihnya prestasi ini sebagai peringkat sepuluh kategori umum setelah melalui proses dari Tim penilai dan kurator ke desa Sidomulyo, Minggu (25/8/19) tentunya Desa Sidomulyo akan lebih dikenal lagi di Negeri ini, sehingga capaian ini tak membuat kami menyombongkan diri, namun kami akan terus menggali prestasi warga dan aparat desa untuk kedepan agar bisa menjadi juara satu tingkat nasional,harap Suharto.

Untuk diketahui,total hadiah untuk para juara Festival Gapura Cinta Negeri tahun 2019 ini mencapai Rp.1 Milyar di bagi menjadi 4 kategori juara 1 untuk kategori umum hadiah sebesar Rp.250 juta dan piala bergilir Presiden. Satu piala Gapura favorit pilihan masyarakat dan uang Rp.100 juta,sepuluh piala untuk Gapura pemenang kategori umum dan uang Rp.50 juta serta 3 piala untuk Gapura pemenang kategori lembaga,instansi,perusahaan dan uang senilai Rp.50 juta.

Laporan : Supriyanto
Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %