Sinergitas Program Ketahanan Pangan Soppeng dengan Pemerintah Pusat

0 0
Read Time:2 Minute, 12 Second

Soppeng_www.sulawesiekspress.com–Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE menghadiri Pembukaan rakor dewan Ketahanan Pangan tingkat Kabupaten Soppeng,Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di ruang pola kantor Bupati Jalan Salotungo Watansoppeng,  Sabtu 30 Nopember 2019.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikuktura,  Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng Ir. Fajar dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas strategi dan instrumen Dewan ketahanan Pangan kabupaten Soppeng sebagai bagian ketahanan Nasional serta merumuskan kebijakan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan kabupaten,katanya.

H.A.Kaswadi Razak, Bupati Soppeng dalam sambutannya mengatakan,Pertumbuhan ekonomi kabupaten Soppeng dalam tahun ini sudah meningkat diawali dengan adanya lima persen meningkat 3,05 poin dalam kurun waktu 3 tahun.

Menurutnya, semua ini adalah berkat kerjasama dalam membangun Soppeng dengan kebersamaan yang tinggi sehingga hal ini bisa kita capai ini tentu kita rasakan,ucap Andi Kaswadi.

Lanjut dia,dengan kebersamaan yang tinggi dalam menyikapi pertumbuhan ekonomi di Kab. Soppeng kita berhasil meraih peringkat ke 2 (dua) tingkat Provinsi Sulsel setelah Bone, namun kita harus sadari bahwa kita tidak mampu berbuat apa-apa tanpa kerjasama seluruh stakeholder walaupun sering kali yang di kambing hitamkan adalah Pemda bersama Kodim terutama dibidang UPSUS tapi hasilnya masyarakat sendiri yang merasakannya,terangnya.

Disamping itu, kebijakan-kebijakan bapak Presiden kita harus tindak lanjuti sehingga kita dapat bekerja sesuai yang diharapkan yaitu meningkatkan ekonomi yang dapat mensejahterahkan masyarakat terutama di bidang pertanian, Ketahanan Pangan, bidang peternakan serta bidang perikanan,harapnya.

Dikatakannya, bahwa Soppeng adalah salah satu pilar utama dalam ketahanan pangan Sulawesi Selatan, terbukti dengan ketersediaan pangan sampai saat ini dan sudah sejalan dengan visi misi dengan pemerintah pusat yaitu adalah bagaimana membangun ketahanan pangan di Republik ini,ungkap Andi Kaswadi Razak.

Terkait dengan kebijakan pangan maka pemerintah telah
membentuk suatu kegiatan yang tujuannya mendeteksi secara Dini masalah kerawanan pangan dan gizi melalui beberapa kegiatan- kegiatan sistem informasi yang terintegrasi yang didalamnya terdapat pemetaan daerah rawan pangan atau PSP oleh kecamatan desa kelurahan di 70 desa di Kabupaten Soppeng.

Terakhir ia sampaikan harapannya ,kami berharap dewan ketahanan pangan tingkat kabupaten Soppeng dengan susunan pengurusnya untuk mewujudkan peran strategis dalam mewujudkan ketahanan pangan baik dalam perencanaan pelaksanaan dan pengendalian dan pengawasan bagi Keseluruhan sistem ketahanan pangan yaitu ketersediaan keterjangkauan atau distribusi konsumsi dan keamanan pangan peran dan strategi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,harap orang nomor satu di Soppeng.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pokja Dewan Ketahanan Pangan Propinsi sulawesi Selatan Ir. H. Asri Agung Pananrang,  MM.
Sekretaris Dewan Ketahanan pangan propinsi  Sulawesi Selatan Muhlis, SP, MP.

Ketua DPRD Kabupaten Soppeng,
Para kepala SKPD,  kepala BUMN/BUMD
Kepala BPS Soppeng,  kansilog Soppeng,  danramil dan Kapolsek se Kabupaten Soppeng.(Fyan)

Redaksi : Andi Jumawi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %