Rutan Klass IIB Muna Asimilasi Napi, Putus Pandemi Covid-19

0 0
Read Time:1 Minute, 28 Second

MUNA,INDEKS,Guna mengurangi potensi penularan virus corona (Pandemi Covid-19) di lembaga pemasyarakatan, pemerintah memberikan kebijakan pembebasan bersyarat bagi narapidana di seluruh Indonesia.

Kepala Rutan Klas II B Muna, LM Masrul mengungkapkan bahwa, pembebasan bersyarat ini dilakukan mengikuti PP Nomor 99 tahun 2012,mengenai syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan permasyarakatan pembebasan bersyarat ini di lakukan karena banyaknya sel tahanan di Indonesia yang over kapasitas dan hal ini rawan dalam penyebaran Pandemi Covid-19, langkah ini adalah antisipasi bagi tahanan LAPAS (lembaga pemasyarakatan) dan RUTAN (Rumah Tahanan Negara),maupun Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA),ungkapnya.
Box Sterilisasi Penyemprotan Disinfektan Rutan Muna.(Doc.Asdin Remi)

Dikatakannya bahwa, Pembebasan bersyarat ini harus memenuhi kriteria, selain dewasa di berikan pula pada anak atau narapidana yang telah menjalani masa tahanan 2/3 masa hukuman dan tercatat hingga tanggal 31 Desember 2020. Masalah Tindak Pidana Korupsi (TIPIKOR) pemerintah tidak merevisi PP Nomor 99/2012,yang mengatur tentang soal pembebasan tindak pidana korupsi, yang sempat membuat risih jika para koruptor turut pula di bebaskan,ucap LM Masrul.

“Pemerintah telah menegaskan bahwa, terkait masalah penanggulangan Pandemi COVID-19 tidak berlaku kepada para pelaku tindak pidana korupsi, Dan PP Nomor 99/2012 ini berlaku sejak di putuskan oleh pemerintah”kata LM Masrul Ka.Rutan Muna,9 April 2020.

Menurutnya, Rutan MUNA telah melakukan asimilasi pada narapidana sebanyak 63 orang dari 346 jumlah narapidana, asimilasi ini di kontrol oleh Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Bau Bau Sulawesi Tenggara. Sejauh ini RUTAN kabupaten Muna/Raha, juga rutin melakukan penyemprotan DISINFEKTAN di seluruh lingkup area Rutan KLAS IIB Raha,ucapnya.

Dan untuk sementara para penyenguk tidak di perbolehkan dalam jangka waktu yang tidak terbatas,”ini adalah upaya guna memutus rantai penyebaran PANDEMI COVID-19.”tegas LM. MASRUL.

Laporan : Asdin Remi (Koord.Sultra)
Publizher/Redaksi : Andi Jumawi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %