Peluncuran Perdana Bantuan Sosial Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Cirebon

0 0
Read Time:2 Minute, 25 Second

SULAWESI EKSPRESS, CIREBON, Peluncuran Bantuan Sosial (Bansos) provinsi Jawa Barat di lepaskan langsung oleh wakil gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di halaman Kantor Pos Sumber, Sabtu 9 Mei 2020.

Acara tersebut juga dihadiri Bupati Cirebon H.Imron Rosyadi,Dandim 0620/Sumber Letkol Arh Adhi Kurniawan,SE,M.Han,Kapolresta Sumber Kombes Pol.M.Syahduddi l,S.I.K.,M.SI.Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Arifin Soedjayana,Sekertaris Daerah kabupaten Cirebon dan Forkopimda.

Dalam sambutannya Uu Ruzhanul Ulum yang lebih di kenal dengan kang Uu,mengatakan bahwa bantuan sosial provinsi itu merupakan bukti gubernur Jawa Barat peduli dan memperhatikan seluruh warganya yang tengah mengalami pandemi Covid 19.

Bupati Cirebon H.Imron Rosyadi saat memberikan keterangan kepada awak media.

Selain itu,penyediaan sembako untuk bantuan panganpun berasal dari pedagang setempat yang tujuannya untuk menggerakkan ekonomi lokal,”dari kabupaten Cirebon untuk kabupaten Cirebon,” kata Uu.

Data penerima bantuan sosial dari verifikasi & validasi penjaringan dan penyaringan dari Tenaga Kerja Sukarela Kecamatan (TKSK) se kabupaten Cirebon dan dihimpun oleh Dinas sosial kabupaten Cirebon.
“Harapannya bansos ini bisa di manfaatkan dengan baik. Memang kebutuhan masyarakat lebih banyak dari bantuan sosial yang di berikan tapi semoga bansos ini bisa bermanfaat,” tambahnya.

Dalam pendataan yang ada,kurang lebih 72 ribu warga kabupaten Cirebon yang terdampak pandemi Covid-19, meski demikian Kang Uu mengingatkan bahwa bansos provinsi merupakan salah satu dari sembilan pintu bantuan yang akan di berikan untuk warga Jawa Barat,jelasnya.

Sembilan pintu tersebut adalah,kartu Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako,bantuan sosial dari Presiden RI,kartu pra-kerja,bantuan tunai dari kementerian sosial, bantuan sosial Kabupaten/Kota dan bantuan langsung tunai dari ADD.

109 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) di kelurahan Tukmudal,kelurahan Pasalakan 34 KTRS ,targetkan 479 bansos tunai dan non tunai disalurkan oleh 5 pengantar PT POS Indonesia bersama 10 mitra Ojek Online.
Bansos untuk kecamatan Sumber dan Talun berjumlah 2.161 Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan 479 DTKS dari total KTRS di kabupaten Cirebon sudah tersalurkan.

Kepala kantor Regional V Jabar dan Banten PT Pos Indonesia yang diwakili Deputi Heru Setiadi mengatakan,” terdapat 12.233 KTRS dari DTKS dan 60.579 KTRS non DTKS yang ada di 40 kecamatan ,409 desa di kabupaten Cirebon.

“Paket dari Bulog yang sudah diterima akan segera di salurkankan oleh karyawan kantor Pos Cirebon yang berjumlah 172 personil .untuk penghantar bansos kami siapkan 110 orang dan di bantu oleh Ojek Online” kata Heru

Selesai melepas para pengirim bansos,Kang Uu beserta rombongan meninjau Pos check point yang bertempat di depan Ramayana Department store Weru Plered didampingi kepala dinas perhubungan Jawa Barat Heri Antasari disambut Kapolsek Weru AKP Didin Jarudin S.Sos bersama Danramil Weru Kapten Inf Akya beserta jajarannya yang sedang bertugas di lapangan.

Saya berharap masyarakat tetap melaksanakan himbauan pemerintah pusat,provinsi,maupun kabupaten/kota agar tidak mudik,” tegas Uu.

Laporan : Arif Prihatin
Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %