oleh

Hitung Cepat PPI: Surunuddin Dangga – Rasyid Tumbangkan Kedua Rivalnya

Kendari_Sultra
www.sulawesiekspress.com
Rabu 09 Desember 2020

Lembaga survei Parameter Politik Indonesia (PPI) mengumumkan Quick Count atau hitung cepat hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel), Rabu 9 Desember 2020.

Diketahui, PPI mengumumkan hasil pemilihan tersebut setelah suara masuk mencapai 100 persen.

Pasangan calon (Paslon) petahana Surunuddin Dangga-Rasyid menang dengan perolehan suara 45,09 persen. Sedangkan paslon penantang nomor urut 3 Muhammad Endang-Wahyu hanya kalah tipis dengan mengantongi 42,84 persen. Paslon nomor urut 1 Rusmin Abdul Gani (RAG) dan Senawan Silondae (SS) dengan 12,07 persen.

Direktur PPI Ras MD menjelaskan riset yang diambil data C1 yang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) lalu di validasi. Margin of error hanya 1 persen. Hasil yang dikeluarkan, selisih dengan KPU kurang lebih 1 persen, jadi tidak akan jauh berbeda. “Tapi yang namanya hasil resmi tetap akan kita tunggu dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konsel. Karena kami sudah terdaftar, maka hasil hitung cepat ini akan kami laporkan ke KPUD Konsel,” jelasnya.

Riset yang dilakukan dengan menggunakan metode penarikan sampel acak atau multistage random sampling. Dengan sampel 210 TPS dari 632 TPS di seluruh kecamatan. Kepada Sulawesi Ekspress dia mengatakan,”Ini sudah over sampling sudah memenuhi kaidah penarikan sampel. Kami melakukan pengamatan, pencatatan dan analisa sehingga diperoleh dari hasil perhitungan suara,” paparnya.

Selain itu, Ras MD menjelaskan, ada 4 alasan sehingga Petahana Konsel mampu mengalahkan kedua rivalnya.

Pertama, Hitung Cepat PPI: Surunuddin Dangga – Rasyid Tumbangkan Kedua Rivalnya publik puas atas kinerja Surunuddin Dangga. Persepsi kepuasan dan keberhasilannya sebagai Bupati Konsel, di atas 75 persen. Selain soal kepuasan atas kinerja, juga aspek kemampuan Paslon Suara unggul. Seperti dinilai lebih berpengalaman, terbukti kerjanya dan berpengalaman.

Kedua, popularitas pasangan Surunuddin Dangga – Rasyid paling tinggi. Sudah menjadi hukum besi, syarat keterpilihan seorang pasangan kandidat harus memiliki tingkat pengenalan di atas 95 persen. Di posisi terakhir, pasangan Suara melampaui syarat tersebut.

Ketgam: Foto Direktur Eksekutif Quick Count PPI, Ras MD Saat Menjelaskan Hasil Pilkada Konsel. (Doc.Kadir)

Ketiga, faktor lain yang membuat pasangan Suara adalah isu bukan putra daerah. Dari isu tersebut Paslon Suara mendapatkan keberhasilan, karena di Konsel merupakan multi etnik, sehingga mereka memilih Surunuddin Dangga – Rasyid.

Keempat, solidnya pergerakan partai koalisi dan tim suara. Kemenangan Suara juga ditentukan, karena kerja tim parpol koalisi Golkar, NasDem, PKB, PBB dan PKS. “Faktor-faktor itulah, sehingga paslon Suara menumbangkan kedua pesaingnya,” tegas Ras MD.

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Konsel, Rasyid Sulawesi Ekspress mengatakan, pihaknya menyadari bahwa Konsel tidak dibangun hanya berdua saja, (Surunuddin Dangga-Rasyid, red) karena Konsel sangat luas dan besar serta banyak etnis dan agama sehingga saling bergandengan tangan untuk membangun daerah Konsel. “Perselihan itu harus kita sudahi, tidak ada lagi 01, 02 dan 03. Mari bersama-sama membangun daerah yang kita cintai,” jelasnya saat menghadiri quick count PPI

Hari ini pihaknya ditetapkan sebagai pemenang dari hasil quick count PPI. Pihaknya tinggal menunggu hasil real count KPUD Konsel. Untuk itu, dirinya menginbau kepada seluruh tim dan pendukung jangan terlalu bereuforia. “Kita harus membantu KPU dan Bawaslu dalam rangka mengawal proses demokrasi ini agar jangan ada proses yang cacat,” ungkapnya.

“Dalam artian, formulir C1 ini betul-betul diamankan dan intrik politik itu betul-betul kita hilangkan sehingga tidak menodai proses yang berjalan,” tutupnya.(Kadir)

BACA BERITA LAINNYA :