oleh

Asisten Perekonomian Mewakili Bupati Soppeng Donor Darah yang diselenggarakan oleh KKN Tematik Universitas Hasanuddin

 

SULAWESIEKPRESS Soppeng pada hari Jumat, 2 Juni 2021 pengambilan dara Yang di laksanakan di Gedung Pertemuan Kab. Soppeng,Sebelum dilakukan pengambilan darah, para peserta pendonor terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis, pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah dan HB.

Selain itu, para pendonor pun wajib memberikan informasi kepada petugas medis apakah dirinya sudah menjalani vaksin dan kapan menerima vaksin terakhir.

Bupati Soppeng yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Daerah, FIRMAN, SP, MM membuka secara resmi kegiatan ini, dalam sambutannya

Kehadiran mahasiswa KKN Tematik UNHAS dengan salah satu program kerjanya melakukan kegiatan donor darah khususnya di masa pandemi ini perlu mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah karena hal ini sangat membantu Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan ketersediaan stok darah khususnya di Kab. Soppeng.

Kegiatan donor darah ini harus terus didorong untuk dilaksanakan baik oleh institusi pemerintah, swasta, organisasi masyarakat maupun perorangan bekerjasama dengan PMI Kabupaten Soppeng dan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Latemmamala demi menjaga ketersediaan dan pemenuhan kebutuhan darah di Kabupaten Soppeng. Terlebih dimasa pandemi covid saat ini, ketersediaan darah semakin menurun, hal ini disebabkan antara lain karena berkurangnya kegiatan donor darah rutin dan berkurangnya pendonor dimasa pandemi ini.

Saya berharap kegiatan donor darah terus dilaksanakan di masa yang akan datang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan mengharapkan melalui kegiatan ini dapat mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap urgensi kebutuhan darah, Jangan takut untuk donor darah dimasa pandemi ini demi untuk menolong jiwa sesama.

Ardiansa selaku Ketua Koordinator KKN Gelombang 106 Universitas Hasanuddin Wilayah Kab. Soppeng dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan sikap peduli dan sukarela dalam membantu terhadap sesama.

Tentu ini merupakan suatu kehormatan untuk kita semua, karena kita semua masih diberikan kesempatan menjadi seseorang yang memberikan manfaat untuk orang lain melalui kegiatan Donor Darah.

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh para peserta KKN, perwakilan dari setiap Instansi Pemerintah Daerah Kab. Soppeng serta masyarakat Kec. Lalabata dan berhasil mengumpulkan 25 kantong darah dengan perincian Gol.darah A (8 kantong), Gol.darah B (3 kantong), Gol.darah O (10 kantong) dan Gol.darah AB (4 kantong).(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA BERITA LAINNYA :