Bupati Soppeng Hadiri Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Vokasi Tahun Akademik 2021/2022 Berdasarkan MoU

0 0
Read Time:3 Minute, 6 Second

SULAWESIEKPRESS  , Soppeng Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Soppeng melaksanakan kegiatan Sosialisasi penerimaan Mahasiswa Baru program Vokasi Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Hasanuddin.

Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE menghadiri kegiatan ini, yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Sabtu 3/7/2021.

Kepala Sub Direktorat Pengembagan pendidikan Unhas Makkarennu, S.Hut, M.Si, Ph.D dalam laporannya menyampaikan “sesuai dengan kesepakatan ataupun dengan MoU yang telah dibuat bahwasanya Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan Pemkab dalam upaya pemerataan pendidikan dengan membuka program vokasi di beberapa kabupaten dan Insya Allah yang ini di kabupaten Soppeng”.

Sebagaimana yang disampaikan pada saat pertemuan dengan rektor Unhas beberapa waktu yang lalu, bahwa kampus Unhas ini merupakan kampus pertama di Soppeng, dan merupakan kampus keempat setelah Tamalanrea, Gowa dan Sidrap.

Perlu kami sampaikan bahwa program studi di kabupaten Soppeng ini adalah agribisnis peternakan dan agribisnis pertanian, pendaftaran sudah dimulai pada tanggal 8-23 Juli 2021.

Dalam kesempatan berikutnya, Wakil Dekan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin, Dr. Muhammad Yusuf, SPT, M.Si mengatakan “kami hadir di sini untuk acara sosialisasi rencana penerimaan mahasiswa baru, khusus di Kabupaten Soppeng”, ungkapnya.

Untuk pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Soppeng kami dipihak Unhas itu sudah memberending dari awal bahwa Soppeng ini akan menjadi kota pendidikan.

Kita pahami bersama bahwa Soppeng ini punya daerah yang strategis dikelilingi oleh banyak kabupaten, sehingga untuk menjadi kota pendidikan itu bisa lebih tepat kalau menurut pengamatan kami. Oleh karena itu tahun ini kita menginisiasi dari tahun-tahun sebelumnya, kita sudah berusaha, tahun ini kita mau inisiasi 2 program studi, dan khusus kampus Unhas di Soppeng ini mungkin kita mengikuti model dari California university di USA.

Untuk penerimaan mahasiswa baru di Soppeng ini, untuk pertama kalinya itu lain daripada yang lain, kalau yang program studi lain melalui SNMPTN, SBMPTN kemudian jalur mandiri, khusus untuk Soppeng tahun ini itu tidak ada penerimaan secara UT BK, ini kita akan seleksi langsung, oleh karena itu dengan bantuan ibu bapak sekalian kami harapkan untuk menghimpun calon-calon mahasiswa khusus untuk di Soppeng.

Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutan mengatakan “kita di pertemukan dalam rangka membicarakan tentang penerimaan mahasiswa baru yang Insya Allah tahun ini kita akan wujudkan”, ucap Bupati Soppeng.

Lanjut disampaikan, “hari ini Kita bicara tentang sosialisasi namun demikian proses sampai hari ini adalah suatu proses yang singkat dan membanggakan yang sangat luar biasa dan tentu kami bersyukur dengan tim yang ada bisa meyakinkan pihak rektor agar Soppeng diberi kesempatan untuk membuka ruang kepada masyarakat Soppeng dan sekitarnya serta memudahkan masyarakat yang ada disekitar Soppeng ini untuk melakukan proses belajar di Soppeng”.

Yang sangat membanggakan dan sekaligus rasa syukur kami, pihak Unhas sangat mengapresiasi, merespon baik keinginan pemerintah daerah untuk membuka vokasi juga di Soppeng ini dengan dua jurusan yaitu agribisnis Pertanian dan Peternakan.

Untuk itu tujuan kami mengundang terutama para kepala sekolah, tanggung jawab ini bukan hanya kami, tanggung jawab ini ada juga di pundak bapak ibu, artinya jangan biarkan kami hanya sendiri yang berpikir tentang kelanjutan pendidikan di Kabupaten Soppeng ini.

Saya minta setelah kegiatan ini, agar kita sosialisasikan dengan baik kepada orang tua siswa, siswa kita,
baik yang baru lulus ataupun tahun kemarin tapi belum lanjut, untuk dua jurusan ini, karena Soppeng ini basisnya pertanian.

Mari kita komunikasikan dengan baik, karena yang diterima tahun ini terbatas. Penerimaan mahasiswa baru tahun ini adalah pelaku sejarah, makanya jadilah pelaku sejarah yang tercatat dengan baik, saya sangat optimis cita-cita kita bersama bahwa Soppeng ini akan jadi kabupaten pendidikan.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng, Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan Kabupaten Soppeng, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng, para Camat se Kabupaten Soppeng, Kepala SMA/sederajat se kabupaten Soppeng.(**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %