Tuntas”2020 PUPR Konut Berhasil Selesaikan Program BSPS Ratusan Rumah

0 0
Read Time:1 Minute, 52 Second

Konut — Sultra
Sulawesi Ekspress
Selasa 09 Februari 2021

Pemerintah Kabupaten Konawe Utara melalui Dinas Perumahan Konawe Utara (Konut) berhasil menuntaskan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun 2020 melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kita sangat bersyumur dan berterima kasih dengan adanya Program BSPS dari Kementerian PUPR sehingga kita bisa membangun sedikitnya 199 unit rumah untuk warga di Konawe Utara ini,”kata Ir. Sumarni Sain, S.T kepala bidang Perumahan Konut, Selasa (09/02/2021).

Menurutnya, untuk bantuan perumahan di tahun 2020 pihaknya mendapatkan bantuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) strategis untuk korban banjir sebanyak 199 unit rumah.

“Bantuan rumah tersebut merupakan bantuan langsung dari kementerian PUPR Pusat untuk korban banjir tahun 2019 yang tersebar di beberapa desa dan kecamatan, itu untuk yang reguler, sementara yang PPK dari Provinsi sebanyak 180 unit,” ucapnya.

Terkait yang mengelola dan sebagainya, mereka sudah punya tim dan koordinator TPK masing-masing sehingga untuk pelanggaran bisa kita tekan dan tiadakan.Sehingga kita hanya mengawasi saja mengenai progres pekerjaan di lapangan, karena mereka punya tim dan koordinator dari TPK, mereka itulah yang verifikasi mengenai BNBA atau mainmen deadres.

Lanjut dia,setelah dilakukan verifikasi nama-nama penerima bantuan diserahkan ke Pemda, nanti Pemda yang buatkan proposal dan menyerahkan ke Kementerian, nanti pihak kementerian akan turun meninjau apakah sudah sesuai data yang diterima dan apakah sudah sesuai dengan Juknis,”ujarnya.

Ir Sumarni Sain, S.T kepala bidang Perumahan Konut.

Disebutkannya pula, untuk Tahun 2020 Konawe Utara mendapatkan bantuan dari APBN reguler sekitar 1000 unit, sementara untuk ABPD tidak dianggarkan karena kita menghadapi Pilkada, sehingga anggaran tidak mencukupi.Pembangunan dan rehabilitas rumah dari kementerian Tahun 2020 sudah berjalan sekitar 80 persen.

Selain itu ia juga menjelaskan bahwa masih ada beberapa yang belum dibangun karena dalam keadaan pandemi covid-19, sehingga masyarakat tidak bisa mengerjakan dengan swadaya, jadi progres pembangunan dan rehab rumah baru berjalan sekitar 80 persen lebih.Bantuan BSPS ini menguntungkan masyarakat yang punya penghasilan di bawah UMR.

Terakhir ia sampaikan bahwa Masyarakat yang pengahasilannya di bawah Upah Minimun Regional (UMR) sangat terbantu dengan adanya bantuan BSPS ini, tinggal bagaimana kita selaku pemerintah memberikan rangsangan kepada masyarakat agar bisa membangun rumahnya dengan sistim swadaya,” tutup Sumarni.

Laporan : Abd Haris
Redaksi/Publisher : Andi Jumawi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %