Mahasiswa KKN Lamappapoleonro Melakukan Penyuluhan Manajemen Keuangan

0 0
Read Time:1 Minute, 26 Second

Soppeng _ Sulawesi Ekspress — Bertempat di Dusun Solie Desa Pising Minggu, 27/02/2022 Mahasiswa KKN Universitas Lamappapoleonro Soppeng melakukan penyuluhan tentang Management Keuangan Rumah Tangga yang Pamateri Drs.Misran Efendi, SH,M.Si, M.Pd dari Soppeng.

Dalam pengantarnya Pamateri menyampaikan baha Manajemen dapat diartikan sebagai serangkaian proses planning, organizing, actuating, dan controlling dengan tujuan yang sudah ditetapkan.

Manajemen juga merupakan tujuan yang ingin dicapai dengan memberi arahan pada orang lain. Sementara keuangan merupakan hal yang pasti dibutuhkan oleh setiap individu, rumah tangga, organisasi, dan perusahaan.
Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa manajemen keuangan adalah fungsi strategis dalam pengelolaan keuangan baik individu, organisasi, maupun pemerintah. Di masa pandemi Covid-19 ini tak sedikit rumah tangga yang terkena dampak secara ekonomi.

Salah satu atau bahkan lebih anggota keluarga kehilangan pekerjaan sehingga pendapatan keluarga menurun. Maka dari itu, di masa seperti ini manajemen keuangan dalam rumah tangga keluarga sangat penting untuk dipraktekkan agar keluarga dapat tetap bertahan hidup dalam kondisi ekonomi sulit sekalipun.
Hal tersebut disampaikan oleh Pamateri Drs.Misran Efendi,SH,M.Si,M.Pd pada Penyuluhan KKN Universitas Lamappapoleonro Soppeng Minggu, 27/02/2022 di Dusun Solie Desa Pising
Selain itu, hal lainnya yang menjadi faktor adalah jumlah anggota keluarga.
Diketahui bahwa jumlah anggota keluarga yang lebih besar memiliki tanggungan yang lebih besar dalam memenuhi kebutuhan rumah tangganya dibandingkan dengan yang sedikit.
Kondisi keuangan rumah tangga dapat dikatakan stabil dan pengaturannya pun terkoordinasi dengan baik.
Dimana acara ini dilaksanakan oleh Andi Nur Inayah selaku koordinator penanggung jawab dari Posko VII Desa Pising.

Hadir pada acara tersebut Kepala Desa Pising Hj.Sitti Salmiah,SE dan Staf, serta Dosen Pemantau dari Universitas Lamappapoleonro Soppeng Andi Umar,SE, MM, Tokoh masyarakat,agama,pendidik, anggota BPD.
Laporan : Wirfa
Redaksi : Andi Jumawi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %