oleh

Kepala Desa Rahamenda Konsel Serahkan Bantuan Langsung Tunai Kepada 59 KK Penerima Manfaat

KONSEL _ SULAWESI EKSPRESS — Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Rahamenda Kecamatan Buke Kabupaten Konawe Selatan (Konsel),Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun anggaran 2022 yang diperuntukkan bagi 59 KK berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar 40 Persen dari total Dana Desa Rahamenda, hal ini disampaikan oleh Supar Wianto Kepala Desa Rahamenda, Sabtu 2 April 2022.

Penyerahan BLT – DD Rahamenda secara simbolis oleh Supar Wianto, Kepala Desa Rahamenda, didampingi oleh Tenaga Pendamping Desa.(Doc.Adriana).

” Sebanyak 59 Kepala Keluarga (Kk), warga masyarakat Desa Rahamenda hari ini menerima kucuran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang diprogramkan pemerintah pusat, tahun anggaran 2022 ini,”kata Supar Wianto.

Menurutnya, kegiatan penyaluran bantuan pemerintah tersebut direalisasikan langsung oleh pemerintah Desa Rahamenda, dan di hadiri oleh unsur, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tim relawan covid – 19, beserta pendamping Desa dan masyarakat Desa penerima manfaat terkait.

Dalam sambutannya, Supr Wianto menjelaskan bahwa dalam penerimaan Blt  – DD, perlu diperhatikan dan dipastikan agar tidak ada yang di wakilkan penerimaannya, kemudian besaran anggaran per kk penerima Blt – DD, sebesar Rp 300.000_-/Perbulannya,ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Supar Wianto, yang akan di salurkan mulai dari bulan Januari, Februari, Maret, maka jumlah keseluruhan yang akan direalisasikan sebanyak Rp900.000,- maka dituntut agar tepat sasaran dan asas manfaatnya bisa berdampak bagi perbaikan perekonomian  masyarakat itu sendiri,harapnya.

Kepada wartawan media indeks.co.id Supar Wianto menjelaskan, besaran dana BLT – DD tahun ini, yakni, 40 persen dari total anggaran dana Desa Rahamenda,  yang mencapai  Rp 720.434.000,. ( tujuh ratus dua puluh juta empat ratus tiga puluh empat ribu rupiah ), persentase diatas berdasarkan mengacu dengan Peraturan Menteri Keuangan (Permen PMK),  maka jika menghitung secara keseluruhannya,  dari  59  KK penerima Blt – DD, dikalikan Rp 300.000,- perbulan perpenerima bantuan kemudian dikalikan lagi selama 12 bulan selama satu tahun waktu penerimaan BLT  – DD, menghasilkan jumlah yang signifikan dengan besaran sebanyak Rp 212.400..000,00,. ( dua ratus dua belas juta empat ratus ribu rupiah),ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam penyaringan awal calon penerima BLT – DD, langkah dan tahapan yang diambil Pemerintah Desa, adalah membentuk  tim verifikasi dalam hal ini melalui tim relawan covid – 19, yang terdiri mulai dari, unsur BPD, LPM, DUSUN, RT beserta aparat lainnya. Jadi mereka, Door To Door, berkunjung dan  bertemu langsung serta melihat kondisi calon masyarakat penerima bantuan agar memenuhi standart dari 14 kriteria yang di prioritaskan pemerintah, guna meminimalkan dampak buruk pandemi covid – 19, serta mempercepat menuntaskan penanganan kemiskinan bagi masyarakat di Desa.

Olehnya, terkait program bantuan langsung tunai dana Desa ini, dirinya selaku kepala desa Rahamenda merasa bersyukur masyarakat kami yang berada dibawah garis kemiskinan bisa dibantu sehingga mampu berubah taraf hidupnya serta BLT ini betul-betul tepat sasaran dan kami ingin dan berharap dana Desa bisa normal seperti tahun-tahun sebelumnya,pungkasnya.

Laporan : Adriana
Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA BERITA LAINNYA :