BPK RI Apresiasi Pengelolaan Keuangan Daerah Konut

Daerah, Konawe Utara714 Dilihat
0 0
Read Time:2 Minute, 3 Second

Konut,Sultra-www.sulawesiekspress.com

Pemerintah Konawe Utara mendapatkan apresiasi dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) saat dikunjungi anggota VI BPK RI DR Harry Azhar Azis,MA, Jumat (19/1/18).

“Opini yang diberikan oleh yang berhak memberikan penilaian kepada pemda Konawe Utara berupa Wajar Dengan Pengecualian (WDP) tahun 2017 yang mana sejak tahun 2007 lalu selalu Disclaimer patut kita apresiasi,”kata Harry Azhar Azis anggota VI BPK RI saat memberikan ceramah umum tentang pengelolaan keuangan yang baik dan benar serta akuntabel di Aula Konasara.l

Menurutnya, sampai saat ini baru di tahun 2017 Konut mendapatkan WDP karena Konawe Utara sudah banyak mengalami peningkatan dalam hal pengelolaan keuangan sehingga layak mendapatkan predikat opini WDP,”jelas Harry Azhar Azis.

“Dulu Konut mendapat opini Disclaimer sehingga dianggap gagal, dalam perguruan tinggi Disclaimer itu nilai D atau tidak lulus, dan setelah pemerintahan Bupati sekarang (Ruksamin-Raup) sudah meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) yang dalam status ini berarti sudah lulus meskipun masih pas-pasan, jadi Bupati sekarang telah lulus dalam pemeriksaan pengelolaan keuangan daerah sesuai hasil dari BPK,”ungkap Harry Azhar Azis.

Lanjut dia, umumnya 35 persen pemerintah daerah yang tak lulus opini WTP dan hanya WDP adalah kasus Aset daerah, bantuan sosial, apabila ada suatu dinas instansi yang terjadi pelanggaran keuangan maka masa untuk dilakukan pengembalian adalah selama 60 hari. Selama 60 hari itu mereka harus melakukan pengembalian dan apabila tidak dikembalikan maka penyidik atau penegak hukum sudah bisa melakukan penegakan hukum.

Harry Azhar Azis menginginkan Konut menjadi daerah yang bisa dijadikan contoh dalam pengelolaan keuangan yang baik dan benar serta akuntabel.Ia juga meminta kepada Bupato Konut agar hal – hal yang baik dan keberhasilan dibukukan untuk menjadi contoh dan inspirasi bagi daerah yang lain.

“Jika ingin konsultasi ada tiga Media sosial saya, Instagram, FB, jika ada masalah bisa di follow saya, di fullback, untuk membuat program yang baik untuk kemakmuran rakyat, melalui Pemda dan DPRD yang menjadi target pemda tersebut,”ucapnya.

Mengakhiri ceramah umumnya Harry Azhar Azis mengatakan, mudah-mudahan yang menjadi tujuan dari program Bupati Konut bisa tercapai dan menjadi inspirasi masyarakat dan daerah lain.Ia juga berterima kasih dan bersyukur bisa berbicara dihadapan para kepala SKPD, Pejabat Lingkup Pemkab Konut, dengan harapan semua program dan pengelolaan keuangan bisa berjalan dengan baik,harapnya.

Dalam kunjungan ini, Bupati dan Wakil Bupati menyerahkan sejumlah cenderamata kepada anggota VI BPK RI yakni kepada DR Harry Azhar Azis,MA dan Abdul Rahman Farisi tenaga ahli anggota VI BPK RI.

Liputan Andi Jumawi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %